Rabu, 18 Mei 2011

Informasi :: Kemampuan Mata Pria & Wanita ::

Banyak yang menyangka jika tidak ada perbedaan antara kemampuan mata pria dan wanita. Namun, menurut buku karangan allan dan barbara pearce ‘why men don’t listen and women can’t read maps’ terdapat beberapa perbedaan antara kemampuan mata wanita dengan mata pria yang berhubungan dengan biologi dan kebiasaan yang berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu.

1. Pandangan wanita lebih melebar, pandangan pria lebih tajam
terkadang, pria sering kepergok sedang asyik melirik wanita lain yang lewat di sebelahnya. Padahal, sebenarnya wanita pun juga sering mengagumi pria tampan yang kebetulan melintas. Perbedaan keduanya adalah wanita tidak perlu menoleh karena jangkauan pandangan wanita lebih dari 180 derajat. Ini karena mata wanita punya lebih banyak jenis kerucut dalam retinanya.

Mata pria ukurannya lebih besar dari mata wanita, dan otak menyusunnya seperti sebuah terowongan. Artinya, pria bisa melihat lebih jelas, lebih tepat, dan lebih jauh dibanding wanita.

2. Pria lebih jago melihat di dalam gelap
ketika waktu gelap lebih baik jangan serahkan tugas menyetir pada wanita. Karena, pria lebih mahir melihat ketika gelap dibandingkan dengan wanita. Apalagi, pria juga punya kemampuan spesial yang lebih baik di otak kanannya.

Sebaliknya, wanita biasanya kesulitan melihat jarak jauh di dalam kegelapan. Kemampuan ruang yang terbatas juga menyebabkan sebagian besar wanita sulit menentukan arah laju kendaraan lain di malam hari.

3. Mata wanita dapat melihat lebih banyak
sejak ribuan tahun yang lalu, otak pria dipersiapkan untuk berburu. Kita harus bisa melihat banyak hal dalam area yang sempit. Otak kita secara otomatis menyempitkan penglihatan kita agar bisa memusatkan perhatian pada satu hal yang khusus, misalnya binatang buruan.

Berbeda dengan wanita. Sebagai spesies yang terbiasa bertugas melindungi sarang atau tempat tinggal, otak wanita pun terprogram untuk mengolah semua informasi visual yang masuk di lingkup yang lebih luas. Inilah kenapa wanita lebih gampang mencari barang hilang dibanding pria, karena otaknya bisa memproses lebih banyak “gambar” dalam satu waktu dibanding pria...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar